BUSSINES PLAN
ASPEK ASPEK BUSSINES PLAN
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Visi dan misi
BAB II ASPEK PEMASARAN
2.1 Produk
2.2 Rencana Usaha
2.3 Analisis Pasar
2.4 Strategi Pemasaran
BAB III ANALISA OPERASIONAL
3.1 Rencana Produksi
3.2 Analisa Pendukung
Bisnis
3.3 Analisa SWOT
BAB IV ANALISA KEUANGAN
4.1 Modal Awal
4.2 Rencana Pendapatan
BAB V PENUTUP
5.1 Rencana
Pengembangan Usaha
5.2 Kesimpulan
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dengan perkembangan zaman dan
teknologi maka orang sekarang mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli
makanan, karna pada masa kini banyak makanan yang dibuat dengan menggunakan
bahan kimia yang berbahaya. Sebagian masyarakat kelas bawah, memilih makanan
hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah. Dua hal inilah yang menjadi
prioritas utama mereka dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu memikirkan
kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut. Untuk itulah kami bermaksud
untuk membuat makanan yang memiliki rasa yang enak dengan harga yang cukup
murah dan aman untuk dikonsumsi karna tidak menggunakan bahan kimia yang
berbahaya, serta memiliki kandungan gizi yang cukup.
Dari uraian di atas maka sangat
potensial bila kami mengembangkan usaha roti bakar ice cream ini, karna
sebagian dari masyarakat sangat menyukai roti bakar ice cream karena rasanya
yang enak dan nikmat. Roti bakar ice cream ini memiliki beraneka ragam rasa,
sehingga konsumen dapat memilih rasa yang sesuai dengan kesukaan mereka. Selain
itu, roti bakar ice cream ini dapat di nikmati oleh semua umur. Jadi, siapapun
bisa untuk mengkonsumsi roti bakar ice cream ini baik orang yang sudah tua
maupun orang muda. Roti bakar ice cream ini dapat dinikmati dalam kondisi
apapun, baik malam hari maupun pagi hari. Roti Bakar Ice Cream ini akan lebih
enak apabila dijadikan cemilan ketika kita sedang berkumpul dengan teman atau
saudara, terlebih ketika ditemani dengan secangkir minuman dingin atau
sejenisnya maka roti bakar ice cream sangat cocok sebagai makanan cemilan.
Dengan alasan dan landasan tersebut
kami berniat untuk merintis usaha roti bakar ice cream dan usaha kami tersebut
kami beri nama atas kesepakatan bersama, yaitu: ROTI BAKAR ICE CREAM. Dengan
harapan pelanggan akan tertarik untuk datang dan membeli roti bakar ice cream
kami dengan rasa penasaran akan kenikmatan rasa ROTI BAKAR ICE CREAM.
1.2 Visi,
misi dan tujuan
Visi :
· Menciptakan
sebuah usaha yang mudah diterima masyarakat dan merakyat.
Misi :
· Memberikan
cita rasa yang terbaik.
· Memberikan
pelayanan yang terbaik.
Tujuan Usaha :
· Memperoleh
keuntungan yang sebesar-besarnya.
· Menambah
pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha.
· Mewujudkan
kemampuan dan kemantapan dalam berwirausahaan untuk meningkatkan kemajuan dan
kesejahteraan masyarakat.
· Membudayakan
semangat, sikap, perilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan
masyarakat yang mampu di andalkan dan terdepan dalam berwirausaha
BAB ll
ASPEK PEMASARAN
2.1 Produk
Produk roti
bakar ini berbeda dari roti-roti bakar yang lainnya. Saya mempunyai ide dan
inovasi tersendiri dalam menciptakan menu roti bakar. Saya tidak hanya menjual
roti bakar biasa pada umumnya, tetapi saya juga mempunyai menu spesial yakni
roti bakar buah dan roti bakar ice cream. Tidak hanya menjual roti bakar, saya
juga menjual aneka minuman seperti aneka macam jus buah, sirup, bebagai jenis
kopi, maupun ice cream. Dengan memiliki
berbagai macam rasa tersebut maka masyarakat dapat memilih rasa yang mereka
inginkan sesuai dengan keinginan mereka masing-masing. Produk yang kami berikan
tidak menggunakan campuran bahan kimia yang berbahaya seperti formalin,
sianida, zat beracun dll, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh konsumen dan
tidak merusak kesehatan.
2.2 Rencana
Usaha
Adapun rencana
usaha yang akan dijalankan dalam usaha ini ialah sebagai berikut:
1. Rencana
Jangka Pendek
Usaha bisnis roti bakar ice cream yang kami rintis
ini bertujuan untuk menambah pengalaman kerja di dalam usaha bisnis bagi
kalangan sesama mahasiswa maupun bagi umum, selain dapat meningkatkan
kreativitas, juga dapat dijadikan suatu usaha yang menjanjikan untuk kehidupan
masa depan dan biaya kebutuhan sehari hari kita.
2. Rencana
Jangka Menengah
Usaha yang kami
rintis ini pastinya akan kami kembangkan demi mewujudkan impian kami bersama,
yaitu ingin menjadi seorang pengusaha muda yang sukses, strategi pasar dan
pemasaran menjadi kunci awal untuk keberlanjutan usaha kami ke depannya.
Pelanggan ialah raja, maka dari itu kepuasan pelanggan menjadi yang utama dari
segalanya, karena tanpa pelanggan belum tentu usaha ini akan bertahan lama.
Tidak lupa pula kami rajin melakukan promosi usaha kami, baik dari mulut ke
mulut, iklan radio, media online, dan media yang lainnya.
3. Rencana
Jangka Panjang
Setelah berhasil mendapatkan pelanggan, kami akan lebih
meningkatkan mutu dan kualitas dari usaha kami ini, tidak lupa pula kami
membangun jaringan dengan membangun café maupun franchise agar usaha yang kami
jalankan dapat berkembang lebih besar dalam bidang usaha kuliner di Indonesia.
2.3 Analisis
Pasar
Analisis Pasar
dan Pemasaran usaha roti bakar ice cream kami yaitu:
1. Target
Penjualan
Usaha ini
berlokasi di tempat-tempat yang strategis dan di pinggir-pinggir jalan utama,
seperti Alun-alun dan tempat keramaian lainnya. Tempat-tempat lokasi tersebut
yang banyak di lewati oleh masyarakat, baik masyarakat lokal maupun non lokal
sehingga usaha kami ini mudah untuk dikenal oleh masyarakat. Yang menjadi
target pasar kami yaitu masyarakat sekitar dan masyarakat pengguna jalan tempat
usaha kami berdiri.
2. Sasaran
Konsumen
Dalam
menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup semua kalangan
masyarakat, baik kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas. Dari
semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami
tawarkan, karna harga yang kami berikan pun cukup terjangkau untuk semua
kalangan. Harga yang kami berikan yaitu Rp10.000/Pcs.
2.4 Strategi
Pemasaran
Adapun strategi
pemasaran yang dapat kami lakukan adalah:
1. Media
Banner
Promosi ini
merupakan promosi yang cukup sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya
untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan memasang banner di dekat lokasi kita
berusaha untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua
konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita. Dan apabila usaha kita sudah
diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang
lain untuk membeli roti bakar ice cream di tempat kita.
2. Dengan
media Internet
Selain
menggunakan banner, maka promosi juga dapat dilakukan dengan menggunakan media
internet, seperti dapat melalui facebook, twitter, blog,dll. Karna sebagian
besar masyarakat telah menggunakan media internet, sehingga masyarakat dapat
mengetahui usaha kita,
3. Membuka
Cabang
Selain melakukan
berbagai strategi pemasaran produk seperti diatas, kami juga mempromosikan
usaha kami ini dengan cara menambah cabang baru untuk memperluas jangkauan yang
sudah dimiliki. Dalam hal ini, dapat dengan memperluas usaha roti bakar ice
cream ini ini ke daerah-daerah lain, dengan harapan usaha ini akan lebih
dikenal oleh masyarakat dan juga dapat menambahkan pendapatan serta dapat
mengurangi tingkat pengangguran dengan memperkerjakan karyawan yang baru.
4. Pengembangan
Produk
Pengembangan
produk dari usaha ini dapat menambahkan rasa yang mungkin tidak ada di pesaing
lain, seperti rasa red velvet dengan harga yang terjangkau, yang memberikan
nilai lebih dimata para konsumen. Sehingga pengembangan produk semakin baik,
dan tingkat ciri khas produk kita pun setiap harinya kian dikenal.
5. Melakukan
promosi
Untuk menarik
minat konsumen agar membeli produk yang kami tawarkan kami mempunyai cara-cara
tertentu, adapun cara tersebut yaitu:
· Pada
setiap hari sabtu kami akan memberikan potongan harga kepada konsumen yang
membeli roti bakar ice cream dengan harga diatas Rp 20.000, maka akan kami
berikan diskon sebesar 10%.
· Apabila
konsumen membeli roti bakar ice cream sebanyak 3 Pcs, maka kami akan memberikan
gratis sebanyak 1 Pcs.
BAB III
ANALISA OPERASIONAL
3.1 Rencana
Produksi
Adapun rencana
produksi yang dijalankan ialah sebagai berikut:
1. Kualitas
Kualitas yang
akan kami berikan adalah kualitas yang terbaik, dengan terus menjaga dan
mengamati bahan-bahan yang kita gunakan, agar konsumen pun tidak kapok/jerah
karena telah membeli produk kita yang memang mempunyai kualitas yang baik, baik
dari segi bentuk maupun rasanya.
2. Lokasi
Tempat usaha
yang kami rintis ialah di alun-alun yang ramai dilalui orang atau tempat kumpul
orang-orang, agar konsumen dapat dengan mudah mengakses tempat usaha kami,
selain itu di alun-alun juga memungkinkan kami untuk membuka usaha roti bakar
ice cream ini.
3. Cita
Rasa
Dalam mengontrol
cita rasa produk dari usaha kami ini agar dapat dinikmati oleh konsumen dengan
rasa yang enak, maka kami melakukan proses yang baik, dari bahan baku yang akan
kita pakai sampai proses pengemasan yang baik, guna mempertahankan cita rasa
dari produk kami dan tak lupa kami menggunakan bahan baku yang memang mempunyai
kualitas yang baik. Agar para konsumen puas dengan produk yang akan kita
tawarkan ke mereka
3.2 Analisa
Pendukung Bisnis
Untuk mendukung
kelangsungan usaha ini dibutuhkan beberapa elemen-elemen yang terkait di
dalamnya. Adapun elemen-elemen yang terlibat dalam kelangsungan usaha ini,
yaitu:
1. Distributor
Agar usaha ini
dapat bertahan dan berjalan dengan baik, maka kami melakukan kerjasama dengan
distributor-distributor bahan baku, sehingga bahan-bahan dari roti bakar ice
cream ini mudah didapatkan. Distributor yang kami maksud merupakan orang yang
memasok barang-barang yang kami butuhkan seperti penjual roti maupun toko bahan
baku yang menjual segala bahan yang kami butuhkan.
2. Pelaku
Bisnis tersebut
Dalam bisnis
jualan roti bakar ice cream ini kita tidak memerlukan sumber daya manusia yang
ahli dan skill yang khusus seperti sarjana dll, akan tetapi yang diperlukan
adalah orang yang mau bekerja secara tekun / telaten, sabar, kerja keras dan
orang yang cukup kreatif karena bisnis tak cukup hanya bekerja keras, kita juga
memerlukan pemikiran-pemikiran atau ide cemerlang yang mampu membuat usaha kita
semakin berkembang.
3. Pelaku
Bisnis lainnya
Kita pun harus
memiliki hubungan baik dengan pelaku bisnis lainnya, karna apabila kita tidak
mempunyai hubungan baik maka bisa saja usaha kita tidak disenangi sehingga
dapat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga disinilah kita sebagai
wirausaha harus mempunyai sikap yang baik dan jujur terhadap siapa saja.
Disamping itu dengan mempunyai hubungan yang baik dengan pelaku bisnis lainnya,
tentu saja akan mudah bagi kita untuk saling bertukar pendapat ataupun
informasi yang manguntungkan bagi kepelaku bisnis lainnya.
4. Pengelola
Tempat
Dalam bisnis
yang akan kita jalankan tentunya kita harus mempunyai izin dengan pengelola
tempat yang akan kita jadikan sebagai lokasi berbisnis. Tentunya jika kita
sudah mempunyai izin yang cukup usaha yang kita jalankan pun tidak berjalan
dengan rasa ke khawatiran dan akan menimbulkan rasa aman bagi pelaku usaha maupun
konsumen.
3.3 Analisa SWOT
1. Strenght
(Kekuatan)
· Mempunyai
ciri khas menu yang berbeda dengan usaha roti bakar yang lainnya yaitu roti
bakar buah dan roti bakar ice cream.
· Tempatnya
strategis dan mempunyai cabang di mana-mana sehingga mudah untuk dikunjungi.
· Rasanya
sangat enak.
· Harganya
cukup murah ,terjangkau, pelayanan memuaskan, rapi dan bersih.
· Selai
yang digunakan untuk roti bakar berasal dari buah segar dan tanpa pengawet
karena dibuat sendiri.
2. Weakness
(Kelemahan)
· Tidak
cocok bagi orang yang tidak suka roti, buah, ataupun ice cream.
· Belum
mempunyai cabang.
· Kurang
modal untuk memulai usaha.
· Harga
bahan baku tidak stabil (dalam pembuatan selai).
3. Opportunity
(Peluang)
· Digemari
sebagian besar masyarakat.
· Ciri
khas menu yaitu roti bakar menjadikan usaha ini sangat menjanjikan.
· Cabang
yang semakin banyak membawa konsumen mudah mendatanginya.
· Budaya
masyarakat yang konsumtif.
4. Threat
(Ancaman)
· Banyak
saingan di luar sana.
· Harga
bahan baku yang sewaktu-waktu bisa naik dapat menyebabkan kenaikan harga roti
bakar yang mungkin dapat mengurangi pembeli.
· Bila
hujan turun maka orang malas keluar rumah sehingga pembeli tidak begitu banyak
(jarang).
BAB IV
ANALISA KEUANGAN
4.1 Modal
Awal
Bagi pelaku
usaha penting bagi kita untung memperhitungkan modal awal yang akan kita
gunakan untuk memulai kegiatan bisnis/usaha yang akan kita jalankan, karena
modal adalah salah satu aspek penting dalam memulai bisnis/usaha yang akan kita
jalankan. Adapun modal awal sebagai berikut;
Note :
Dapat digunakan dalam jangka panjang
No. |
Nama Barang |
Jumlah |
Harga Satuan |
Harga Total |
|
1. |
Gerobak |
1 unit |
Rp. 3.000.000 |
Rp. 3.000.000 |
|
2. |
Pemanggang
Roti |
1 unit |
Rp. 500.000 |
Rp500.000 |
|
3. |
Kompor gas |
1 unit |
Rp. 300.000 |
Rp. 300.000 |
|
4. |
Telenan |
2 buah |
Rp. 15.000 |
Rp. 30.000 |
|
5. |
Pisau |
2 buah |
Rp. 25.000 |
Rp. 50.000 |
|
6. |
Tabung Gas |
1 buah |
Rp. 100.000 |
Rp. 100.000 |
|
7. |
Serbet |
5 buah |
Rp.
5.000 |
Rp. 25.000 |
|
8. |
Solet |
3 buah |
Rp.
2.000 |
Rp. 6.000 |
|
9. |
Kotak Sampah |
2 buah |
Rp. 30.000 |
Rp. 60.000 |
|
10. |
Listrik, air,
dll |
_ |
_ |
Rp. 250.000 |
|
11. |
Merek Usaha/banner |
2m |
_ |
Rp. 100.000 |
|
12. |
Box tempat ice
cream |
1 buah |
Rp. 50.000 |
Rp. 50.000 |
|
Total Modal
Awal |
Rp 4.471.000 |
||||
|
|
||||
No |
Nama Barang |
Harga (Rp) |
Jumlah |
1 |
Roti |
Rp. 150.000 |
30 Bungkus |
2 |
Ice cream |
Rp. 250.000 |
1 kotak |
3 |
Nanas |
Rp. 12.000 |
1 Kg |
4 |
Strawberry |
Rp. 12.000 |
1 Kg |
5 |
Kacang |
Rp. 20.000 |
1 Kg |
6 |
Coklat |
Rp. 16.000 |
1 Bungkus |
5 |
Srikaya |
Rp. 20.000 |
1 Kg |
6 |
Nangka |
Rp. 16.000 |
1 Kg |
7 |
Susu |
Rp. 9.000 |
1 Kaleng |
8 |
Keju |
Rp. 18.000 |
1 Kotak |
Total |
Rp. 553.000 |
Jadi Total untuk modal awal
kebutuhan jangka panjang dan jangka pendek adalah;
Rp. 4.471.000 + Rp.
553.000 = Rp. 5.024.000
4.2 Rencana
Pendapatan
Adapun rencana
pendapatan yang akan kami lakukan sebagai berikut
Untuk target penjualan roti bakar ice cream 30 Pcs per hari (asumsi)
Penjualan :
Roti bakar ice
cream
Rp 10.000 x 30 = Rp. 300.000
Total Penjualan per
Hari
= Rp. 300.000
Rencana Pendapatan
· Penjualan/hari
x 7 hari(berdasarkan kebutuhan jangka pendek) – Rp. 178.000 (Kebutuhan jangka
pendek)
· Hasil
total di bagi 2 orang
· Dikali
4 (waktu sebulan)
Rp.
200.000 x 7 = Rp.
2.100.000 - Rp. 553.000
= Rp. 1.547.000
Rp.
1.547.000: 2 = Rp. 773.000
Rp.
773.000x 4 = Rp.
3.094.000
Jadi pendapatan bersih per
bulan dari setiap orang adalah sebesar :
Rp. 3.094.000
BAB V
PENUTUP
5.1 Rencana Pengembangan Usaha
Sebagai wirausahawan yang baik, kami
tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara mendatar. Kami akan terus
mencoba memperbaiki kualitas pekerjaan kami, agar para peminat atau konsumen
puas atas pelayanan dan citarasa roti yang kami buat. Karena apabila kualitas
roti kami tidak kami tingkatkan kemungkinan besar usaha ini tidak akan
maju dan terancam bangkrut.
5.2 Kesimpulan
Menurut kami usaha ini dapat
berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Kami sangat yakin bahwa usaha ini
akan maju dan terus berkembang karena dilakukan oleh orang–orang yang mempunyai
kualitas dalam menjalankan setiap pekerjaan. Kami sadar bahwa usaha ini tak
akan langsung berkembang pesat tapi kami akan terus berjuang untuk terus
menjalankan dan mengembangkan usaha ini.
KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur saya ucapkan
kepada tuhan yang maha esa, karena atas berkat dan limpahan rahmatnyalah maka
saya dapat menyelesaikan business plan ini dengan tepat waktu.
Berikut ini penulis mempersembahkan
sebuah business plan dengan judul “Roti Bakar Ice Cream”, yang menurut saya
dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita untuk mengetahui dan mempelajari
kiat-kiat berwirausaha hingga mencapai suatu kesuksesan.
Melalui kata pengantar ini penulis
lebih dahulu meminta maaf dan memohon permakluman bila mana isi business plan
ini ada kekurangan dan ada tulisan yang saya buat kurang tepat.
Dengan ini saya mempersembahkan
makalah ini dengan penuh rasa terima kasih dan semoga allah SWT memberkahi
makalah ini sehingga dapat memberikan manfaat.
Komentar
Posting Komentar